Ini 5 Ciri Ikan Segar yang Harus Kamu Ketahui

JAKARTA – Pemerintah gencar mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan lewat Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Alasan pemerintah berdasar, karena kandungan protein dalam ikan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Menurut data Susenas (Survey Sosial Ekonomi Nasional) BPS, protein ikan memberikan kontribusi terbesar dalam kelompok sumber protein hewani sekitar 57,2% dibanding daging, telur dan susu. Kandungan komposisi asam amino, lemak, vitamin dan mineral sangat baik dan prospektif bagi tubuh.

Selain itu, gizi ikan kaya dengan Omega 3 yang bagus untuk meningkatkan IQ, antioksidan, mengurangi resiko kanker, penyakit jantung, alzheimer, dan resiko depresi.

Sayangnya, ikan yang dijual di pasar tak semuanya segar. Bahkan ada pedagang nakal yang sengaja mencampurkan ikan dengan bahan kimia agar terlihat segar. Lantas bagaimana ciri ikan yang masih segara? Berikut penjelasannya dilansir dari berbagai sumber.

1. Warna Ikan
Ikan masih segar warnanya segar pula. Permukaan tubuh terlihat mengkilap sementara teksturnya kenyal dan kencang. Jika warna ikan keruh dan teksturnya empuk serta lembek ini menandakan ikan sudah busuk atau kurang layak dikonsumsi.

2. Matanya Bening
Ikan yang masih segar memiliki mata yang cerah dan bening. Jika ikan sudah lama ditangkap, ini akan membuat mata ikan terlihat buram, sembab dan tidak segar.

3. Insang Ikan
Ikan yang masih segar, insangnya akan berwarna merah cerah. Jika insan sudah berwarna keruh atau cokelat, kemungkinan besar ikan tersebut sudah lama ditangkap bahkan sudah busuk.

4. Sisik Ikan
Ikan segara memiliki sisik yang menempel dengan daging dan tubuhnya. Jika sisik mudah lepas, sebaiknya jangan dibeli karena ikan tersebut kemungkinan besar tidak layak dikonsumsi.

5. Bau Ikan
Kebanyakan ikan memang memiliki bau yang amis. Namun bila bau amis tersebut berubah menjadi bau yang lebih menyengat seperti bau busuk, itu menandakan ikan sudah tidak segar.

Nah itulah lima ciri ikan segar yang bisa jadi referensi sahabat JMI.

Lihat Juga

Penting Penggunaan Leader Mancing ??

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan fight dengan ikan adalah pemilihan piranti pancing dan juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!