Jenis dan Fungsi Snap

Selain reel, senar dan joran, salah satu piranti jenis ini juga kerap menjadi salah satu poin penting ketika mancing. Namanya Snap atau biasa para mania sebut peniti karena bentuknya sedikit menyerupai peniti walupun fungsinya berbeda.

Snap berfungsi sebagai penghubung antara senar dan umpan serta mempercepat waktu penggantian lure atau hook saat memancing. Saat action lure atau metal jig terasa kurang, para mania cukup membuka bagian kaitan dari snap lalu menutup kembali atau mengganti lure yang baru tanpa harus membuat rangkaian simpul senar.
Melihat fungsinya yang berperan penting, snap memiliki model dan jenis yang berbeda untuk semakin mempermudah para mania ketika mancing. Snap biasanya terbuat dari bahan kuningan, stainless steel dengan finishing nickled, polished dan black.

Nah kali ini redaksi akan sedikit memperkenalkan mengenai jenis-jenis Snap.

Ada 5 Jenis snap yang rasanya perlu dicoba para mania. Berikut Jenis-Jenis Snap :

Safety Snap

1. Safety Snap
Jenis snap ini mungkin yang paling familiar digunakana para mania. Safety Snap biasnya digunakan di spot air tawar dan di tepi pantai. Bentuknya yang lurus dan mudah patah saat kita menutup dan membuka snap.

Crosslock Snap

2 Crosslock Snap
Nah Snap ini rasanya tepat untuk digunakan di spot saltwater. Bahannya yang kuat dari stainless steel mampu menerima beban yang cukup berat. Snap ini mempunyai 2 tempat untuk membuka dan mengunci.

Coastlock Snap

3. Coastlock Snap
Snap ini biasanya cukup mudah digunakan karena memiliki bolongan yang dibuat untuk memasukan senar kedalamnya. Biasnya digunakan di spot tepian laut.

Interlock Snap

4. Interlock Snap
Untuk snap yang satu ini biasanya digunakan oleh pecinta spot freshwater. Mempunyai Kekuatan yang cukup kuat kerana tangkalnya dikunci.

Duolock Snap

5. Duolock Snap
Pada jenis snap terahkir inimerupakan jenis yang paling mudah digunakan namun perlu diberi sedikit tekanan. Memiliki 2 bagian penutup dan pembuka, baik bagian dari atas maupun bawah. Sangat tepat di gunakan untuk kondisi air tawar.

Nah menurut para mania, jenis Snap mana yang paling sering digunakan ?? Semoga bermanfaat ya, salam strike

(JMI01/Bima Pradana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!