KFG, Komunitas Castinger dari Klaten

Di Klaten, Jawa Tengah, cukup banyak komunitas pemancing. Namun, yang mengkhususkan diri pada teknik mancing dengan casting mungkin hanya KFG (Klaten Fishing Group).

“Saya melihat masih jarang pemancing yang khusus menggunakan teknik casting. Dari situlah saya mengajak teman-teman yang belum pernah untuk mencoba sensasi casting melalui komunitas KFG,” kata Dedy Kurniawan, ketua KFG. Apa itu KFG ?? Yuk simak obrolannya bersama Jurnalis Mancing Indonesia

Terbentuknya KFG berawal dari kesamaan hobi yang kemudian mempertemukan para anggota KFG. Di Klaten, sudah ada beberapa komunitas seperti Mancing Mania Klaten. Namun ada juga komunitas yang khusus di spot nyobok, kolam dan negek. Namun untuk teknik casting saat ini belum komunitasnya. “Maka, berdirilah KFG,” tutur Dedy.

Dia mengakui tidak mudah mencari castinger (pemancing dengan teknik casting), tapi dengan asas persaudaraan lambat laun semakin banyak anggota yang bergabung. “Di sini kita juga masih saling belajar dan mengenal lebih dalam mengenai teknik casting,” tambahnya. Tanggal 7 Mei 2016 itulah mulai dibentuknya Klaten Fishing Grup (KFG). Melalui kopdar pertama, Dedy terpilih sebagai ketua.

Trip pertama diadakan di Rawa Pening, Salatiga, dalam acara ulang tahun JMM (Jateng Mancing Mania). Sekitar 39 anggota dari KFG ikut meramaikan. Prestasi pertama pun berhasil didapatkan, Dedy meraih juara kedua. “Untuk casbar pertama, kami adakan di Waduk Bade dalam rangka mengadakan ulang tahun pertama KFG dengan tema Casbar Amal,” kata Dedy. Peserta yang hadir sekitar 120 pemancing sekaligus kegiatan tebar benih dan mensosialisasikan stop perusakan alam dengan setrum dan bom ikan.

Hampir semua acara yang diadakan di Jawa Tengah ataupun Yogyakarta terkait mancing casting, anggota KFG hadir. KFG rutin mengadakan trip mancing di berbagai daerah untuk mengasah kemampuan dalam mancing casting.

(JMI01/Bima Pradana)

Lihat Juga

Sensasi Tarikan Tenggiri : Michael Juara 2 Turnamen Internal Boat

Menggunakan umpan layur, strike pertama dari kapten Robby menandai sang ikan sedang menampakkan diri ke …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!