Menanam Bakau Untuk Kelestarian Alam dan Ikan Pulau Tunda

(kiri-kanan) Branch Manager Asuransi Jasindo Cab Serang, Bayu Warhaspati, Kepala Urusan TJSL Jasa Raharja, Hermanus Haurisa, Kabag Bisnis Jamkrindo Cab Serang, Wildan Firdaus, Sekretaris Perusahaan Indonesia Financial Group, Beko Setiawan, Kabag Humas Askrindo, M. Anton Musthofa, Milenial Askrindo Cab Serang, TB Nandarussalam, menanam pohon mangrove disela pemberian donasi pendidikan untuk anak nelayan di Pulau Tunda, Banten, Sabtu (2/10/2021). Aksi ini dilakukan Komunitas Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) bersama BUMN Indonesia Financial Group (IFG) sebagai bentuk aksi sosial, pendidikan dan lingkungan untuk mendukung pemerintah dalam memulihkan ekonomi nasional di masa pandemi.(Agus Priatna/JMI)

Tanaman bakau atau bahasa kerennya Mangrove adalah tanaman yang biasa hidup di tepi pantai atau muara. Tanaman ini memiliki banyak manfaat, antara lain; mencegah erosi pantai, melindungi tanah disekitar laut, sebagai daerah habitat perkembangbiakan ikan,  berguna untuk diolah menjadi berbagai benda hiasan atau kerajinan untuk meningkatkan perekonomian rakyat, sumber pakan ternak, mencegah pemanasan global, sumber pendapatan nelayan, menjaga kwalitas air dan udara, dapat menjadi daerah pariwisata, dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar, menjadi daerah pengembangan ilmu pengetahuan, menjaga iklim dan cuaca. Disamping itu tanaman ini juga bermanfaat bagi kesehatan.

Mengingat pentingnya tanaman ini bagi kehidupan manusia dan lingkungan alam, maka Jurnalis Mancing Indonesia sangat berkonsentrasi menggandeng beberapa korporasi untuk menjaga tanaman ini.

Untuk itu, pada saat pelaksanaan acara Donasi Pendidikan Untuk Anak Nelayan Pulau Tunda, Kabupaten Serang Banten, pada Sabtu (2/10/2021) JMI bersama korporasi dari BUMN Indonesia Financial Group (IFG) yang meliputi PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja (Jasa Raharja), PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), Indonesia Financial Group Life (IFG Life) dan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) melaksanakan kegiatan pelestarian alam di Pulau Tunda dengan melaksanakan kegiatan menanam pohon mangrove.

Sekretaris Desa Wargasara, Bapak Nanang memberikan bibit tanaman Mangrove kepada Kepala Urusan TJSL Jasa Raharja, Bapak Hermanus Haurisa, saat acara penanaman Mangrove di pulau Tunda (AgusPriatna/JMI)

Kegiatan bersama tersebut turut menyertakan beberapa tokoh masyarakat, Lurah Pulau Tunda, Bapak Hasyim, Sekertaris Desa Wargasara, Bapak Nanang, Kepala Sekolah Satu Atap Pulau Tunda, Bapak Sahroni, dan di bantu oleh beberapa anak sekolah Pulau Tunda.

Seorang pelajar menanam pohon mangrove di Pulau Tunda saat acara penanaman Mangrove (AgusPriatna/JMI)

Lihat Juga

Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H

Kami segenap anggota Jurnalis Mancing Indonesia, mengucapkan selamat hari raya Idul Adha yang jatuh pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!