Paedocypris Peogenetica Ikan Terkecil dari Indonesia

Indonesia dikenal dengan keanekaragaman biota yang berlimpah, termasuk ikan. Namun, tahukah Anda ikan terkecil di dunia berasal dari Indonesia? Namanya Paedocypris Progenetica, ikan super mini yang ditemukan di rawa gambut Sumatera pada 2015 lalu.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan jika ikan air tawar ini adalah ikan terkecil di dunia dengan panjang 7,9 milimeter untuk betinanya dan rata-rata 9,8 milimeter untuk jantannya.

Tak hanya ukuran yang sangat kecil, namun memiliki tubuh tembus pandang (transparan). Paedocypris Progenetica memiliki keunikan yaitu mampu bertahan hidup ketika musim kering dengan cara berlindung di genangan air dangkal di rawa-rawa. Ikan ini hidup dengan mengkonsumsi plankton di dasar rawa berair gelap kecoklatan, tempat mereka hidup.

Ikan ini pertama kali diteliti oleh peneliti Swiss, Maurice Kottelat bersama koleganya Tan Heok Hui dari Raffles Museum of Biodiversity Research, Singapura. Kedua peneliti ini telah meneliti Paedocypris Progenetica bertahun-tahun lamanya.

Menurut peneliti ikan terkenal, Ralf Britz, Paedocypris Progenetica adalah ikan yang paling aneh yang pernah dia lihat. “Sepanjang karir keilmuan saya, ini adalah ikan paling aneh,” katanya. Sebab, katanya, ikan tersebut bisa hidup dalam air asam dan memiliki bentuk sirip yang menggenggam aneh. “Saya harap kita memiliki waktu untuk mencari tahu lebih banyak tentang mereka sebelum habitat mereka menghilang sepenuhnya,” ujar Ralf.

Selain Paedocypris Progenetica, sepupu ikan ini yaitu P. Micromegethes juga ditemukan di Sarawak (Borneo Malaysia). Ukuran dari P. Micromegethes betina terkecil adalah 11,6 milimeter.
(JMI01/Bima Pradana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!