Penting Penggunaan Leader Mancing ??

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan fight dengan ikan adalah pemilihan piranti pancing dan juga penggunaan leader yang tepat. Nah kali ini redaksi akan memberikan info mengenai apa itu leader dan apa fungsinya?

Leader merupakan rangkaian senar/ benang yang digunakan untuk menyambung main line (senar utama) dengan rangkaian kail. Selain itu, leader juga digunakan sebagai rangkaian pada mata pancing. Fungsi leader sendiri sebagai peredam hentakan dan gigitan ikan ketika kita menggunakan senar yang tidak memiliki daya tahan hentakan yang baik seperti senar braid (PE).

Tak hanya sebagai alat peredam, namun juga leader memiliki keunggulan lebih samar dan tidak mengalami perubahan ketika berada dalam air, sehingga umpan bisa terlihat lebih natural dan cepat disambar ikan. Satu hal yang penting yaitu leader sebaiknya disesuaikan dengan ukuran kenur utama, target spesies, dan teknik mancing.
Lalu jenis leader seperti apa yang tepat untuk digunakan ?? Saat ini ada 2 jenis leader yang sering digunakan.
Pertama, leader nylon merupakan jenis senar yang dirasa tepat untuk segala macam teknik mancing (all aroud fishing). Kelebihan menggunakan nylon yaitu lebih ringan dan lebih lama tenggelam di dalam air dibanding fluro Carbon. Namun tidak tahan gesek karena sifantnya yang lentur.

Kedua, leader fluro carbon memiliki ciri lebih samar dan lebih tahan gesekan. Kelebihan jenis leader ini yaitu memiliki sifat yang tidak berubah ketika berada dalam air. Namun senar fluro carbon juga kurang sesuai digunakan sebagai senar utama (main line) sebab memiliki karakter yang kaku.

Itulah beberapa karakter yang dimiliki masing masing leader yang tentunya pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan budget kita masing masing ketika memancing. Semoga bermanfaat.

(jmi01/Bima Pradana)

Lihat Juga

Tips Mancing Dasaran

Salah satu teknik mancing yang sering digunakan ketika mancing di spot saltwater yaitu mancing dasaran. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!