Tradisi Unik Menangkap Ikan di NTT

sumber Foto Kompas.com Markus Makur

Teknologi penangkapan ikan terus berkembang dan kian canggih. Masyarakat semakin dipermudah dengan teknologi untuk menangkap ikan. Cara-cara menangkap ikan secara tradisionalpun kian dilupakan. Namun demikian tidak dengan masyarakat Suku Lowa di Kampung Muting, Desa Bamo, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Mereka masih mempertahankan tradisi menangkap ikan yang dinamakan Khebu, yaitu tradisi menangkap ikan secara masal yang dilakukan masyarakat NTT menggunakan alat-alat tradisional yang diwariskan leluhur dari Suku Lowa. Lokasi yang dipilih yaitu sebuah kolam atau muara.

Tradisi ini hanya bisa dijumpai dan dilaksanakan oleh kawasan Nangarawa, bagian pesisir selatan dari Manggarai Timur. Ritual Kebhu ini dilakukan sebanyak 5 kali dalam 1 tahun dan hanya bisa dilaksanakan oleh Suku Lowa, sementara suku-suku lainnya ikut berpartisipasi dalam ritual itu serta ikut menangkap ikan dan biota lainnya di kolam, muara.

Hasil tangkapan ikan dan biota lainnya dibawa pulang ke rumah masing-masing dan sebagian hasil tangkapan dimakan bersama di sekitar muara Limbu Lea. Hasil tangkapannnya juga dibagikan kepada ahli waris pemilik ritual Kebhu. Inti dari tradisi Kebhu adalah menjalin persaudaraan dan kekeluargaan lintas etnis dan lintas suku dan juga agama.

(JMI01/Bima Pradana)

Lihat Juga

Mancing di Perairan Pulau Tunda

Memancing di perairan sekitar pulau Tunda, Serang, Banten, sungguh mengasikkan. Dalam kegiatan melepas penat kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!